Sudah Pernah Wisata ke Sungai Amazon? Dijamin Pengalaman Liburan Jadi Luar Biasa!

Biasanya kalau waktu liburan panjang tiba, Anda akan mengajak keluarga pergi ke suatu tempat. Menghabiskan waktu bersama-sama sambil menikmati keindahan pemandangan serta fasilitas menarik yang ditawarkan. Kalau hanya berwisata ke pusat kota, kulineran, wahana bermain, bersantai di pantai atau area pegunungan sih sudah sangat biasa.

Akan tetapi, bagaimana kalau Anda mencoba pengalaman ekstrim dan lain daripada yang lain yaitu wisata ke Sungai Amazon? Tidak terbayang sebelumnya jika Anda dan keluarga atau rombongan teman akan mengarungi sungai terpanjang di dunia.  Jangankan berwisata di sana, mendengar berbagai macam berita mengenai Amazon saja sudah pasti membuat ngeri. Memangnya ada apa saja di Sungai Amazon sehingga kebanyakan turis enggan mencoba wisata di sana?

Daratan Paling Liar di Amerika 

Sungai Amazon merupakan salah satu sungai terbesar dan terpanjang di dunia. Terletak di kawasan Amerika Selatan, mengalir melalui beberapa negara besar mulai dari Pegunungan Andes di Peru hingga ke Brazil. Jadi tak heran kalau negara-negara yang dilewatinya mempunyai kondisi daratan subur, hutan hujan tropis, dan aneka satwa serta tumbuhan liar yang eksotis.

Karena merupakan sungai terbesar maka bisa Anda bayangkan berapa dalam dan seberapa deras alirannya. Meskipun dari jauh terlihat tenang namun Sungai Amazon sering menelan korban para turis asing yang sedang berwisata di sana. Sepanjang sungai diapit oleh daratan berupa hutan lebat dan dihuni ratusan ribu bahkan lebih spesies hewan dan tumbuhan. Saking lebatnya maka kawasan yang dilalui Sungai Amazon tidak dibangun kawasan perumahan penduduk seperti daerah atau kota lainnya.

Terlebih lagi adanya hewan-hewan liar yang terkenal ganas dan siap memangsa apa saja, bahkan manusia sekalipun. Yang paling terkenal dari Amazon antara lain adalah ular Anaconda, ikan piranha, ular pohon berbisa, buaya sungai, dan masih banyak lagi lainnya. Wisata ke Sungai Amazon harus didampingi oleh pemandu profesional yang betul-betul hafal dengan daerah tersebut. Hal ini disebabkan karena Amazon sangat berbahaya, resiko kecelakaan seperti tenggelam dan diserang hewan buas sangat besar sekali.

Petualangan Seperti Tarzan 

Meskipun berbahaya, namun wisata ke Sungai Amazon menjadi hal menarik bagi sebagian wisatawan. Terlebih lagi para turis yang menyukai tantangan dan sering melakukan berbagai macam kegiatan alam yang ekstrim. Tentunya menjelajahi Sungai Amazon seperti melakukan petualangan seru bak Tarzan!

Kalau dulu kawasan tersebut memang seperti daerah terlarang karena sangat berbahaya. Namun sekarang sudah dibuka untuk umum dan pemerintah di sana menawarkan beberapa paket wisata menarik. Salah satunya seperti mengarungi sungai dengan sebuah kapal. Pastinya Anda menggunakan kapal khusus dengan seorang nakhoda terbaik dan pemandu wisata berpengalaman. Sambil mengikuti arus sungai, para wisatawan disuguhkan dengan pemandangan alam khas hutan hujan tropis yang menawan.

Air sungai berwarna kecoklatan, kanan kiri berupa daratan lembab ditumbuhi pohon rindang, semak belukar dan rumput raksasa. Sering juga beberapa hewan liar memperlihatkan diri seperti aneka burung warna-warni bersuara merdu, rusa hutan, babi liar, buaya yang berjemur di pinggir sungai, monyet bergelantungan di pohon, dan masih banyak lagi. Tapi, para turis perlu ingat satu hal yaitu jangan mencoba bermain air di sungai karena bisa memancing kedatangan buaya ataupun ikan Piranha.

Ikan purba bergigi tajam memang penghuni asli di Sungai Amazon dan sudah sangat populer karena keganasannya. Bisa melahap dan mengigit daging mangsanya dengan cepat karena mereka menyerang secara bergerombol.

Ada satu lagi jenis wisata ke Sungai Amazon yang tak kalah ekstrim yaitu bermain kano atau perahu kecil. Anda akan menaiki sebuah perahu plastik atau karet sendirian atau bersama partner di tengah sungai. Berusaha menaklukkan arus yang deras dan mengendalikan kano agar tidak terbalik.

Jenis wisata ini memang sangat menantang namun tidak semua wisatawan berani mencobanya. Anda sendiri punya nyali besar atau tidak untuk mencoba jenis kegiatan ekstrim di Amazon yang satu ini?

Wisata ke Sungai Amazon bisa langsung Anda pesan jika sudah sampai di lokasi. Di sana sudah disediakan kantor atau tempat khusus untuk wisatawan yang ingin menjajal sensasi petualangan menegangkan tersebut. Jika ingin yang aman maka bisa memilih naik kapal sambil menikmati keindahan alam di sekitar Amazon.

Kali ini Anda bisa melihat secara langsung kehidupan hewan dan bahkan berinteraksi dengan mereka. Bisa dikatakan kalau jenis wisata tersebut seperti kebun binatang alami dimana hewan dan tumbuhan hidup bebas tanpa adanya pembatas!